Pelajaran Apa Yang Kamu Sukai?

Posted by al Luky Senin, 09 Desember 2013 8 komentar
みなさんこんにちは。おひさしぶりですね。おげんきですか。
(Minasan konnichiwa, Ohisashiburi desune. Ogenki desuka?)

Selamat siang Teman-teman, sudah lama ya, apa kabar?
Setelah lama stagnan, kali ini Sakura Islam akan sedikit berbagi ilmu tentang nama-nama mata pelajaran dalam bahasa Jepang beserta contoh penggunaannya.
Tapi sebelum itu Mimin mau nanya deh..
どんなじゅぎょうがすきですか。(Donna jugyou ga suki desuka?)
Pelajaran apa yang kamu sukai?
Bingung jawabnya gimana?
Nih, Mimin kasih List nama pelajaran favorit kamu dalam bahasa Jepang.
Pelajaran
Kanji
Hiragana
Romaji
Bahasa Indonesia
インドネシア語
インドネシアご
Indonesiago
Bahasa Jepang
日本語
にほんご
Nihongo
Bahasa Inggris
英語
えいご
Eigo
Bahasa Korea
韓国語
かんこくご
Kankokugo
Bahasa Jerman
ドイツ語
ドイツご
Doitsu
Matematika
数学
すうがく
Suugaku
Biologi
生物学
せいぶつがく
Seibutsugaku
Fisika
物理学
ぶつりがく
Butsurigaku
Kimia
科学
かがく
Kagaku
Sejarah
歴史
れきし
Rekishi
Sejarah Dunia
世界史
せかいし
Sekaishi
Geografi
地理
ちり
Chiri
Sosiologi
謝意開学
しゃいかいがく
Shakaigaku
Ekonomi
経済学
けいざいがく
Keizaigaku
Seni
芸実
げいじつ
Geijitsu
Musik
音楽
おんがく
Ongaku
Olahraga
スポーツ
Supoostu

Catatan : Untuk pelajaran Bahasa, cukup menambahkan kata ご(go) dibelakangnya.
                 Contoh : フランスご(Furansugo) Bahasa Perancis
        イタリアご(Itariago) Bahasa Italia
        アラビアご(Arabiago) Bahasa Arab
Contoh penggunaan
にほんごがすきです。(Nihongo ga suki desu)
Saya suka bahasa Jepang.
すうがくはむずかしいです。(Suugaku wa muzukashii desu)
Matematika itu sulit.
せいぶつがくはたのしいです。(Seibutsugaku wa tanoshii desu)
Biologi itu menyenangkan.
科学はかんたんです。(Kagaku wa kantan desu)
Kimia itu mudah

Supaya makin paham, Simak contoh percakapan berikut ini.
Maman : どんなじゅぎょうがすきですか。(Donna jugyou ga suki desuka?)
              Pelajaran apa yang kamu sukai?
Mimin : にほんごがすきです、あなたは。(Nihongo ga suki desu, anata wa?)
            Saya suka Bahasa Jepang, kalau kamu?
Maman : かがくがすきです。にほんごむずかしいですか。(kagaku ga suki desu. Nihongo                   muzukashii desuka?)
            Saya suka Kimia. Bahasa Jepang itu sulit ya?
Mimin : いいえ、かんたによ。(Iie, Kantan desu)
          Tidak, mudah kok。
Maman : ほんとう?おしえてくださいミンさん。(Hontou? Oshiete kudasai, Min-san)
          Beneran? Ajarin dong, Min.
Mimin :はい、いっしょにべんきょうしましょう。(Hai, isshoni benkyoushimashou)
           iya, Ayo belajar sama-sama.

Penulis : Itin-chan Dattebayo
Twitter : @NBA_Dattebayo

Baca Selengkapnya ....

1. Bentuk "Ingin" dan "Tidak Ingin" di Dalam Bahasa Jepang

Posted by al Luky Selasa, 12 Maret 2013 11 komentar
Wah, sudah lama kayaknya saya tidak buat postingan baru di blog ini. Inagin sekali blog ini selalu terupdate tapi lagi-lagi karena kegiatan perkuliahan yang padat, dan kegiatan lainnya sehingga saya hanya bisa memberikan satu atau dua postingan seminggu. Kalau seperti ini, kayaknya saya butuh seseorang untuk memberikan  motivasi kepada saya.
Baiklah, kali ini artikelya tentang bentuk “ingin” dan “tak ingin” dalam bahasa Jepang. Yosh, ini dia.

Bentuk menginginkan/tak menginginkan di dalam Bahasa Jepang terbagi 2, yaitu :

I.    UNTUK KATA KERJA (PREDIKAT)

A.Bentuk “ingin”

Cara membuat kalimat keinginan di dalam Bahasa Jepang tidaklah terlalu rumit, anda hanya perlu menghilangkan –masu(ます) pada kata kerja bentuk masu dan menggantinya dengan –tai(たい).
Mari perhatikan contoh di bawah ini :

Pola Kalimat :    -masu(ます)dihilangkan + tai (たい)

Tabemasu = makan    <=>    Tabetai      = ingin makan
たべます = makan     <=>     たべたい = ingin Makan

Benkyoushimasu   = belajar           <=>  Benkyoushitai = ingin belajar
べんきょうします = belajar           <=>   べんきょうしたい = ingin belajar

Nomimasu = minum          <=>  Nomitai     = ingin minum
のみます  = minum          <=>  のみたい = ingin minum

 ….たい=”ingin ….”

Contoh Kalimat:
a.日本へいきたいです。
Nihon e ikitai desu.
ingin pergi ke jepang

b.かのじょのためにてがみをかきたいです。
Kanojo no tame ni tegami o kakitai desu  .
ingin menulis surat buat pacar

B.Bentuk “tidak ingin”

Untuk membuat kalimat “tidak ingin“ di dalam Bahasa Jepang, anda tinggal menghilangkan  –masu(ます) pada kata kerja bentuk masu dan menggantinya dengan –takunai(たくない).

Pola Kalimat :    -masu(ます)dihilangkan + takunai (たくない)

Contoh kalimat:

a.日本へいきたくないです。
Nihon e ikitakunai
Tidak ingin pergi ke Jepang

b.かのじょのためにてがみをかきたくないです。
Kanojo no tame ni tegami o kakitakunai .
Tidak ingin menulis surat buat pacar

II.    UNTUK KATA BENDA


Bentuk menginginkan untuk kata benda tidak bisa menggunakan pola kalimat diatas. Mari perhatikan contoh berikut :

Pola Kalimat :
(1) KBが ほしいです                (+) : ingin
(1) KB は ほしいくないです   (-) : tidak ingin
(2) KBが いります                     (+) : memerlukan
(2) KBは いります                     (-) : tidak memerlukan

(1)    (+)レモン が ほしいです 。
         (+) remon ga hosii desu
         (+) ingin jeruk

(1)    (-) レモン は ほしくないです。
         (-) Jeruk ha hosikunai desu
         (-) Tidak ingin jeruk

(2)   (+) おかね が いります。
        (+) memerlukan uang
        (+) okane ga irimasu

(2)    (-) おかね は いりません 。
         (-) okane ha irima seng
         (-) tidak memerlukan uang
Sekian yang dapat saya bagi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Ganbatte !!!

Baca Selengkapnya ....

Cerita Lucu Gokil Abiz

Posted by al Luky Senin, 25 Februari 2013 11 komentar
Cerita lucu memiliki manfaat dalam interaksi yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya, menghibur seseorang yang sedang bersedih, menghidupkan suasana yang suntuk, dll.  Saya mencoba berbagi Cerita Lucu ini kepada anda semua yang ingin menghibur diri sendiri ataupun orang lain dengan guyonan dalam cerita di bawah ini.
Banyak sekali cerita lucu di internet, namun kita pasti ingin melihat cerita lucu yang update setiap hari. Langsung saja anda simak beberapa cerita lucu dari saya dibawah ini.


Cerita Lucu I

Status hewan kalo punya FB:

Anjing pudel: Tunggu jemputan majikan,mau ke salon.

Kecoa: Huuft baru aja selamat dari injakan maut

Kucing: Anak gw yag ke-7 barusan nanya siapa ayahnya?

Nyamuk: W postif HIV AIDS gara2 salah nyedot?

Ayam: All frinds, kalo besok gw gk OL brarti gw di KFC, love you all :'(

Cerita Lucu II

Di Sebuah hutan belantara, hidup seekor Singa si Raja hutan yg smbong jg kjam.
Suatu hri, dg angkuh Singa tsb mndatangi skmpulan Monyet, dan brkata "hai Monyet yg jlek dn jg Pesek, siapa dhutan ini yg plg kuat dn Hebat?". dg gugup monyet2 itu
pun menjawab "tntu sja kau Singa, sang Raja hutan ini"
dengan bangga singa it berlalu dn menemui skmpulan buaya.
"hai buaya jlek dn jg Bau, siapa yg pling kuat di hutanini". Buaya2 it menjwab "siapa lg kl tidak kau Singa yg Hebat"
Singa itupun dg angkuh menemui Seekor Gajah "hei Gajah jelek, Gendut, dekil. siapa yg plg hebat di hutan ini". Gajah hanya diam membisu tk menghiraukan Singa.
dg geram Singa menghardik Gajah it "km tuli ya, tdak mndengar ku".
Tanpa berkata apa2, Gajah tsb menghajar singa itu..
"Buk..bak..buk.. jedar.. ciat..ciat.."
Seketika singa itu babak belur. dg Angkuh singa itu berkata
"dasr Gajah bodoh, kalau gak tau jwbannya, bhwa aku yg paling hebat.
ya gk usah marah2 dong".Sakit tau..

Cerita Lucu III
[Indahnya Sekolah]

KANTIN :markas besar kalo gak ada guru
WC :alasan tepat untuk keluar kelas
RIBUT :suasana kalo gak ada guru
JENDELA :tempat mengejek orang yang
gayaberdandan dikaca
NYONTEK :kebudayaan nenek moyang yang masih
berjalan
PAPAN TULIS :TV guru yang diwajib ditonton
ABSENSI :benda keramat yang wajib diisi
ALFA :kalimat haram yang pantang diucapkan
TIPE_X :alat untuk corat-coret
HOREE :teriakan yang menjadi kewajiban kalo ada hari libur dan ketika pulang lebih awal.
Indahnya masa sekolah :)

Yang Udah ga Sekolah,, Pasti lgsung skolah :(.. Dan Msih skolah,, Smangat ya ...

Cerita Lucu IV


Suatu hari dia mengajak menantu pertamanya naik perahu motor ke tengah laut. Disana dia sengaja menjatuhkan dirinya dari perahu kedalam air laut. Sang menantu tanpa pikir panjang langsung terjun untuk menyelamatkan ibu mertuanya. Besoknya ketika keluar rumah... sang menantu pertama melihat mobil TOYOTA KIJANG INNOVA terparkir di depan rumah, secarik kertas bertulisan "DARI IBU MERTUAMU...!!!" Giliran menantu ke-2 yang diajak ke tengah laut.
Sekali lagi sang ibu mertua pura2 terjatuh terlempar keluar perahu. Karena info dari mantu pertama udah bocor, menantu kedua ini pun pura2 respect.... dengan melupakan pakaian dan dompetnya, langsung terjun demi menyelamatkan sang mertua. Besoknya di depan rumah menantu ke-2 terparkir TOYOTA ALTIS, disertai kertas bertuliskan "DARI IBU MERTUAMU...!!!"
Ketika giliran menantu ke-3 diajak ke tengah laut, sang mertua kembali melakukan gerakan terjun bebas. Tapi apes, kali ini sang menantu malah berkecak pinggang memandangi ibu mertuanya yang megap-megap di dalam air. Bahkan dia sempat2in berkata, "RASAIN LU MERTUA BAWELL... !!!" Trus dia berputar membawa perahunya kedarat tanpa menolong ibu mertuanya.
Besok harinya ketika menantu ini keluar rumah, di depan rumahnya sudah terparkir MERCEDES BENZ SERI S CLASS 600 terbaru beserta kertas bertuliskan, "Terima kasih...
"DARI AYAH MERTUA...!!!"

Baca Selengkapnya ....

~eba ( kalau ), ~tara (jika/kalau), Tatoe ( Meskipun)

Posted by al Luky Selasa, 19 Februari 2013 5 komentar
Kalau cuaca cerah, mari kita jalan-jalan.
Tenki ga haretara, sanpou shimashou
てんきがはれたらさんぷしましょう
If the weather is fine, let’s go out

Jika ada kesempatan saya akan pergi ke Jepang
Chansu ga areba, zehi nihon e ikitai desu
チャンスがあればぜひにほんへいきたいです。
If there is a chance, I really want to go Japan.

Seandainya saya kaya, saya akan menikahi dia.
Kanemochi ni nareba, kanojo to kekkon shitai desu.
かねもちになればかのじょのけっこんしたいです。

Meskipun masih hujan aku akan tetap pergi juga
Tatoe ame ga futtemo, ikanakereba naranai
たとえあめがふってもいかなければならない
Even it’s raining, I’ll still be going

Meskipun jarak memisahkan, perasaan saya tidak akan berubah
Tatoe tooi tokoro ni hanaretemo, watashi no kimochi ga kawarimasen
たとえ遠いところにはなれてもわたしのきもちがかわりませn
Even with the distance that separates us, my feelings will never change

Kosa Kata

てんき(天気)-  Tenki                     : cuaca
チャンス – Chansu                          : kesempatan
ぜひ(是非)- Zehi                          : benar atau tidak, tentunya, tanpa gagal
かねもち(金持ち)- Kanemochi     :  Orang kaya
かのじょ(彼女)- Kanjo                : girl friend, dia, sweetheart
けっこん(結婚)- Kekkon             : pernikahan, perkawinan
ふってい(振ってい)- Futtemo     : kekurangan, kelaparan, kekurangan, kekurangan
はなれて(離れて)- Hanarete      : Terpisah, terlepas
きもち(気持ち)- kimochi             : rasa, moods, sensasi

はれたら (Haretara) :  Gabungan dari hare dan -tara . Hare artinya cerah dan  -Tara berarti jika/kalau. Jadi haretara artinya kalau cerah.
あれば (Areba): Gabungan dari aru dan -eba. aru artinya ada, sedangkan –eba merupakan imbuhan yang artinya kalau.
なれば (Nareba) : tersusun dari kata naru dan –eba. naru artinya ingin, sedangkan eba.
Untuk menentukan apakah suatu kata kerja menggunakan –tara atau –eba maka terlebih dahulu tentukan  kata kerja tersebut masuk dalam kelompok mana dalam perubahan kata kerja bentuk kamus dalam bahasa jepang. Naru dan aru masuk dalam kelompok 1 sehingga ia menggunakan –eba, sedangkan –tara ia tidak masuk dalam kelompok 1. Sekian… sayonara minna san.

Baca Selengkapnya ....

Perubahan Bentuk Kata Kerja Kamus

Posted by al Luky 5 komentar

Dalam tata bahasa jepang perubahan ke bentuk kamus(じしょけい)yang tadinya berbunyi I (sebelum masu)berubah menjadi bunyi  u untuk kata kerja grup satu,sedangkan grup 2 masu dihilangkan ditambah ru,dan untuk grup tiga kimasu(datang) menjadi kuru,shimasu menjadi suru,berikut di bawah ini:
A.Kata kerja kelompok 1(ますdihilangkan)

Kata kerja
Bentuk kamus
Contoh
Perubahan ke-kamus
….
ます
ます
かぶます
かぶ
ます
ます
ます
はたらます
はたら
いそます
いそ
ます
Pengecualian:
Kata kerja berikut ini bukan merupakan kata kerja kelompok satu(1),melainkan kata kerja kelompok dua(2),yaitu:
1.おきます:bangun tidur
2.おります:turun(dari kereta)
3.おちます:jatuh
4.あびます:mandi
5.できます:bisa
6.かります:meminjamkan
7.たります:cukup
8.みます :melihat
9.きます :memakai
B.Kata kerja kelompok dua(2),ますdihilangkan +
Contoh:
1.たべます =たべ
2.しめます =しめ
3.おきます =おき(pengecualian)
4.おります =おり(pengecualian)
5.おちます =おち(pengecualian)
6.Dll
C.Kata kerja kelompok tiga(3),untuk きますyang berarti”datang menjadiくるsedangkan kata kerja yang berakhir…しますmenjadi…する
Contoh:
1.きます     =くる
2.れんしゅうします=れんしゅうする
3.けっこんします =けっこんする
4.かいものします =かいものする




Baca Selengkapnya ....
Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Sakura Islam.