Dasar-Dasar Mempelajari Bahasa Jepang

Posted by al Luky Minggu, 18 November 2012 5 komentar

Banyak yang berkeinginan untuk dapat menguasai Bahasa Jepang . Namun tak sedikit pula yang menyerah untuk mempelajarinya ketika pertama mempelajarinya. Kesulitan yang sering melekat adalah huruf-hurufnya yang agak mirip antara satu dengan lain baik huruf hiraganahuruf katakana maupun kanji sehingga membuat mereka kesusahan dalam mengingatnya.Pasalnya ketika di berikan contoh kata atau kalimat yang berisi huruf yang telah di hafal sebelumnya maka kalimat atau kata tersebut tidak lagi dapat di baca. Ini sering terjadi, itulah mengapa banyak yang berhenti di tengah jalan. Hal lain yang tak kalah sulitnya dalam mempelajari Bahasa Jepang adalah pada saat pembuatan kalimat. Banyak kosa kata telah di kuasai dan kalimat-kalimat yang ingin di translate ke Bahasa Jepangpun sudah ada, tetapi ketika ingin di jadikan dalam Bahasa Jepang,kita malah bingung bagaimana cara menyusun kata-katanya sehingga menjadi kalimat yang benar. 
Untuk dapat berBahasa Jepang yang di perlukan hanyalah kemauan dan latihan. Betapa pun banyaknya kesulitan maka perbanyak pula latihan. Betapapun salah kalimat Bahasa Jepang yang kita buat maka perbanyak latihan. Dan untuk menangkal kesalahan yang sama,ikutilah tips-tips berikut :

Pahami  struktur kalimat
Sejak kecil kita sudah berbicara dengan menggunakan bahasa persatuan negara kita yaitu Bahasa Indonesia. Secara tidak langsung pola kalimatnya sudah tertanam di dalam pikiran kita. Perlu di pahami bahwa pola kalimat Bahasa Indonesia adalah S-P-O (Subjek-Predikat-Objek) sama halnya Bahasa Inggris, sedangkan Pola kalimat Bahasa Jepang yaitu berbentuk S-O-P (Subjek-Obyek-Predikat). Inti dari kalimat Bahasa Jepang adalah letak predikat yang berada pada akhir  sebuah kalimat.
Predikat ini  mempunyai 3 tipe,antara lain :  Verbal (Kata kerja), Adjektiv ( Kata Sifat ) dan kata benda (Noun).
Contohnya :
Bahasa Jepang                      :    Watashi (S) wa ringgo (O) wo tabemasu(P).
Bahasa Indonesia                 :    Saya (S) makan (P) apel (O).
Bahasa Inggris                      :    I (S) eat (P)  aple(O)

Bahasa Jepang tidak membedakan gender penggunanya.
Namun membedakan tingkat kesopanannya dan juga memperhatikan suasananya. Tradisi masyarakat Jepang pada umumnya apabila berbicara kepada seseorang yang lebih tua hendaknya maka bahasa yang di gunakan adalah Bahasa Jepang dengan intonasi yang sopan, hal ini juga berlaku ketika berbicara kepada seorang atasan maupun kepada seorang customer ( pelanggan),dll. Di bolehkan berbicara secara  santai apabila suasananyapun dalam keadaan santai atau dalam momen liburan. Ketika pergi Rihlah (piknik) misalnya,untuk membangun keakraban antara satu dengan yang lainnya maka baiknya berbincang dengan bahasa informal.
Penulisan huruf  Bahasa Jepang menggunakan tiga macam penulisan yang lazim di gunakan yaitu:  huruf hiragana,huruf katakana dan kanji. Huruf Hiragana dan Katakana adalah huruf asli buatan Jepang. Sedangkan huruf Kanji adalah huruf China yang di gunakan bersama dengan Hiragana dan Katakana.
Contoh
Huruf Hiragana             :    にほんご
Katakana                        :    スラバヤ
Kanji                                :    日本語
Berbeda dengan Bahasa Inggris, penyuaraan huruf Bahasa Jepang mirip dengan penyuaraan Bahasa Indonesia yang di ucapkan secara apa adanya huruf tersebut. Misalnya : a,i,u,e,o. Ada pengecualian untuk kata-kata berikut ini:
Akhiran kalimat “ desu” di suarakan sebagai “des”
Contoh: Zasshi desu ( Zasshi des)  =  Ini majalah.           
Akhiran kalimat “masu” di suarakan “mas”
Contoh: Ginkou e ikimasu (Ginkou e ikimas) = Pergi ke sekolah



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dasar-Dasar Mempelajari Bahasa Jepang
Ditulis oleh al Luky
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://alluky.blogspot.com/2012/11/dasar-dasar-mempelajari-bahasa-jepang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Sumimasen, Ralat: Ginkou e ikimasu (ginkou e ikimas) = Pergi ke Bank "bukan sekolah" :)

al Luky mengatakan...

owh, ia... makasih ya udah di beritahu.

les privat SP mengatakan...

nice article sob .. thanks ya

Sri Asruni mengatakan...

Shoudeshka ..Arigato gozaimashita ..

Anonim mengatakan...

Arigatou Goshujin-Sama

Poskan Komentar

Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Sakura Islam.