Tak Semua Orang Bisa Kena Hipnotis

Posted by al Luky Jumat, 16 November 2012 1 komentar

Acara-acara TV sempat ramai menyuguhkan tayangan mengenai sulap dan hipnotis. Bahkan ada salah satu program yang mempertontonkan bagaimana kelakuan lucu orang-orang yang berhasil di hipnotis di depan umum. Hipnotis juga acapkali di gunakan sebagai salah satu metode penipuan yang cukup marak. Sebenarnya adakah cara menolak hipnotis?
Para ilmuwan di Stanford University di Amerika Serikat telah menemukan bahwa orang-orang yang rentan di hipnotis adalah orang yang mudah memutuskan sesuatu dan memiliki kemampuan memperhatikan yang baik. Namun orang yang memiliki kebiasaan tetap dan cepat membuat penilaian cenderung  susah di hipnotis.
Hipnotis di gambarkan sebagai kondisi trans dengan kemampuan berfokus dan konsentrasi yang tinggi. Metode ini banyak di gunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit, kecemasan dan fobia. Hipnotis juga sering di gunakan untuk mengurangi kondisi akibat stress.
Sebanyak seperempat orang dari populasi ternyata tidak bisa di hipotis. Untuk mencari tahu sebabnya, Dr. David Spiegel mengamati 12 orang yang rentan di hipnotis dan 12 orang yang relatif kebal.
Ia melihat aktifitas pada 3 jaringan otak yang berbeda, yaitu jaringan default-mode yang di gunakan ketika otak sedang santai, jaringan executive control yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan jaringan salience yang penting untuk memprioritaskan sesuatu .
Dalam laporan yang di muat jurnal Archives of General Psychiatry, Dr Spiegel bersama timnya tidak menemukan adanya perbedaan antara struktr otak dari kedua kelompok.
Tapi ketika melihat otak peserta saat istirahat, otak orang-orang yang mudah terhipnotis menunjukkan aktifitas yang berbeda. Pada orang-orang ini, daerah otak yang paling aktif saat istirahat adalah daerah yang memutuskan untuk berfokus pada suatu hal.
Saat istirahat, kedua kelompok memiliki jaringan default mode yang aktif. Tetapi pada orang yang mudah di hipnotis, jaringan pengambilan keputusan dan jaringan yang memprioritaskan seseuatu terlihat lebih aktif. Daerah otak yang terlibat untuk memfokuskan perhatian juga ikut aktif. Sedangkan pada orang yang sulit di hipnotis, hubungan antara dua jaringan tersebut amat lemah.
“ Orang yang sangat mudah di hipnotis adalah orang yang dapat sebegitu dalam memikirkan suatu hal tanpa mengganggu perhatiannya oleh pikiran laim. Mereka bisa memanfaatkan pikirannya untuk membayangkan sesuatu mengenai dirinya sendiri,” kata Dr. Spiegel seperti di lansir Los Angeles Times, Minggu (7/10/2012)
Menurut Dr Spiegel, dalam kehidupan sehari-hari orang yang amat mudah di hipnotis bisa di bedakan dari orang yang kurang dapat di hipnotis. Mereka mudah teralihkan oleh hal-hal yang menarik bagi dirinya sendiri dan cenderung telambat menepati jadwal atau janji kerena sering lupa waktu.
Sebaliknya, orang yang kebal terhadap hipnotis cenderung mudah menilai orang lain, menepati kebiasaannya dan kurang mempercayai orang lain. Dr Spiegel mengatakan bahwa ia hampir menemukan ciri khas otak yang dapat di gunakan untuk menentukkan siapakah yang bisa dan yang tidak bisa di hipnotis.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tak Semua Orang Bisa Kena Hipnotis
Ditulis oleh al Luky
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://alluky.blogspot.com/2012/11/tak-semua-orang-bisa-kena-hipnotis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Bukan Saya mengatakan...

Thanks for taking the time to discuss this, I feel about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me. Cewe Cantik Body Mantap Diewe Pacar Baru

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Sakura Islam.